Daftar Isi: (toc)
Gacerindo.com - Projek adalah tugas-tugas belajar (learning tasks) yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan yang terdapat pada RPP dan pelaporan secara tertulis maupun lisan dalam waktu tertentu.
Tentang Penilaian Projek
Penilaian proyek (project assessment) merupakan kegiatan penilaian terhadap tugas yang harus diselesaikan oleh peserta didik menurut periode/waktu tertentu. Penyelesaian tugas dimaksud berupa investigasi yang dilakukan oleh peserta didik, mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan, analisis, dan penyajian data.
Dengan demikian, penilaian proyek bersentuhan dengan aspek pemahaman, mengaplikasikan, penyelidikan, dan lain-lain. Selama mengerjakan sebuah proyek pembelajaran, peserta didik memperoleh kesempatan untuk mengaplikasikan sikap, keterampilan, dan pengetahuannya.
Ada tiga hal yang memerlukan perhatian khusus dari guru yaitu :
- Keterampilan peserta didik dalam memilih topik, mencari dan mengumpulkan data, mengolah dan menganalisis, memberi makna atas informasi yang diperoleh, dan menulis laporan.
- Kesesuaian atau relevansi materi pembelajaran dengan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh peserta didik.
- Orisinalitas atas keaslian sebuah proyek pembelajaran yang dikerjakan atau dihasilkan oleh peserta didik
Penilaian proyek berfokus pada perencanaan, pengerjaan, dan produk proyek. Dalam kaitan ini serial kegiatan yang harus dilakukan oleh guru meliputi penyusunan rancangan dan instrumen penilaian, pengumpulan data, analisis data, dan penyiapkan laporan. Penilaian proyek dapat menggunakan instrumen daftar cek, skala penilaian, atau narasi. Laporan penilaian dapat dituangkan dalam bentuk poster atau tertulis.
Langkah-langkan merancang penilaian projek
Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dipenuhi dalam merencanakan penilaian projek :
- Menentukan kompetensi yang sesuai untuk dinilai melalui projek.
- Penilaian projek mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan projek.
- Menyusun indikator proses dan hasil belajar berdasarkan kompetensi.
- Menentukan kriteria yang menunjukkan capaian indikator pada setiap tahapan pengerjaan projek.
- Merencanakan apakah task bersifat kelompok atau individual.
- Merencanakan teknik-teknik dalam penilaian individual untuk tugas yang dikerjakan secara kelompok.
- Menyusun tugas sesuai dengan rubrik penilaian.
Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan dalam melaksanakan penilaian projek :
- Menyampaikan rubrik penilaian sebelum pelaksanaan penilaian kepada peserta didik.
- Memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang kriteria penilaian.
- Menyampaikan tugas disampaikan kepada peserta didik.
- Memberikan pemahaman yang sama kepada peserta didik tentang tugas yang harus dikerjakan.
- Melakukan penilaian selama perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan proyek.
- Memonitor pengerjaan projek peserta didik dan memberikan umpan balik pada setiap tahapan pengerjaan projek.
- Membandingkan kinerja peserta didik dengan rubrik penilaian.
- Memetakan kemampuan peserta didik terhadap pencapaian kompetensi minimal
- Mencatat hasil penilaian.
- Memberikan umpan balik terhadap laporan yang disusun peserta didik.
Adapun penyusunan RPP yang berbasis proyek/projek sesuai dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas. Untuk mempermudah Gacerindo.com akan memberikan contoh RPP berbasis proyek jenjang SMP dan SMA.
Contoh RPP Berbasis Proyek Untuk SMP >>> LIHAT DISINI
Contoh RPP Berbasis Proyek Untuk SMA >>> LIHAT DISINI
Ikuti Gacerindo.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda ☆ (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.