11 Metode Pembelajaran dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Daftar Isi: (toc)

11 Metode Pembelajaran dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Gacerindo.com
- Metode dalam pembelajaran tidak hanya berfungsi sebagai cara untuk menyampaikan materi saja, sebab sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran mempunyai tiga cakupan yang luas yaitu disamping sebagai penyampai informasi juga mempunyai tugas untuk mengelola kegiatan pembelajaran sehingga warga belajar dapat belajar untuk mencapai tujuan secara cepat.

Berikut 11 metode pembelajaran dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya :

1. Metode Ceramah

Metode ceramah adalah penuturan bahan pelajaran secara lisan. Metode ini tidak senantiasa jelek bila penggunaannya betul-betul disiapkan dengan baik, didukung dengan alat dan media, serta memperhatikan batas-batas kemungkinan penggunaannya.

Kelebihan metode ceramah :
  • Guru lebih menguasai kelas
  • Mudah mengorganisasikan tempat duduk/kelas
  • Dapat diikuti oleh jumlah siswa yang besar
  • Mudah mempersiapkan dan melaksanakannya
  • Guru mudah menerangkan pelajaran dengan baik.
Kelemahan metode ceramah
  • Mudah menjadi verbalisme (pengertian kata-kata)
  • Yang  visual  menjadi  rugi,  yang  auditif  (mendengar)  lebih  biasa menerima
  • Membosankan bila selalu digunakan dan terlalu lama
  • Sukar menyimpulkan siswa mengerti dan tertarik padaceramahnya
2. Metode Tanya Jawab 

Metode Tanya Jawab adalah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat ywo way traffic, sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Guru bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru dengan siswa.

Kelebihan metode tanya jawab :
  • Pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa
  • Merangsang siswa untuk melatih dan mengembangkan daya   pikir, termasuk daya ingatan.
  • Mengembangkan  keberanian  dan  keterampilan  siswa  dalam menjawab dan mengemukakan pendapat.
Kelemahan metode tanya jawab :
  • Siswa merasa takut bila guru kurang dapat mendorong siswa     untuk berani dengan menciptakan suasana yang tidak tegang
  • Tidak  mudah  membuat  pertanyaan  yang  sesuai  dengan  tingkat berpikir dan mudah dipahami siswa
  • Sering membuang banyak waktu
  • Kurangnya  waktu  untuk  memberikan  pertanyaan  kepada  seluruh siswa.
3. Metode Diskusi 

Metode diskusi  adalah  bertukar  informasi,  berpendapat,  dan  unsur-unsur pengalaman  secara  teratur  dengan  maksud  untuk  mendapat  pengertian bersama yang lebih jelas dan lebih cermat tentang permasalahan atau topik yang sedang dibahas.

Kelebihan metode diskusi :
  • Merangsang  kreatifitas  anak  didik  dalam  bentuk  ide,  gagasan,    prakarsa dan terobosan baru dalam pemecahan masalah
  • Mengembangkan sikap saling menghargai pendapat orang lain
  • Memperluas wawasan
  • Membina  untuk  terbiasa  musyawarah  dalam  memecahkan  suatu masalah.
Kelemahan metode diskusi :
  • Membutuhkan waktu yang panjang
  • Tidak dapat dipakai untuk kelompok yang besar
  • Peserta mendapat informasi yang terbatas
  • Dikuasai  orang-orang  yang  suka  berbicara  atau  ingin menonjolkan diri.
4. Metode Demonstrasi 

Demonstrasi yang dimaksud disini ialah suatu metode mengajar yang memperlihatkan bagaimana proses terjadinya sesuatu. Metode ini dilakukkan dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan.

Kelebihan metode demonstrasi :
  • Menghindari verbalisme
  • Siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari
  • Proses pengajaran lebih menarik
  • Siswa dirangsang untuk aktif mengamati, menyesuaikan antara     teori dengan kenyataan dan mencoba melakukannya sendiri.
Kelemahan metode demonstrasi :
  • Memerlukan keterampilan guru secara khusus
  • Kurangnya fasilitas
  • Membutuhkan waktu yang lama. 
5. Metode Eksperimen 

Metode Eksperimen, metode ini bukan sekedar metode mengajar tetapi juga merupakan satu metode berfikir, sebab dalam Eksperimen dapat menggunakan metode lainnya dimulai dari menarik data sampai menarik kesimpulan.

Kelebihan metode eksperimen :
  • Membuat siswa lebih percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaan
  • Membina siswa membuat terobosan baru
  • Hasil percobaan yang berharga dapat dimanfaatkan untuk     kemakmuran umat manusia.
Kelemahan metode eksperimen :
  • Cenderung sesuai bidang sains dan teknologi
  • Kesulitan dalam fasilitas
  • Menuntut ketelitian, kesabaran, dan ketabahan
  • Setiap percobaan tidak selalu memberikan hasil yang diharapkan.
6. Metode Latihan (Drill) 

Metode latihan adalah suatu teknik mengajar yang mendorong siswa untuk melaksanakan  kegiatan  latihan  agar  memiliki  ketangkasan  atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari

Kelebihan metode latihan :
  • Untuk memperoleh kecakapan motoris
  • Untuk memperoleh kecakapan mental
  • Untuk memperoleh kecakapan dalam bentuk asosiasi yang dibuat
  • Pembentukan kebiasaan serta menambah ketepatan dan kecepatan pelaksanaan
  • Pemanfaatan kebiasaan yang tidak membutuhkan konsentrasi
  • Pembentukan kebiasaaan yang lebih otomatis
Kelemahan metode latihan :
  • Menghambat bakat dan inisiatif siswa
  • Menimbulkan penyesuaian secara statis kepada lingkungan
  • Monoton, mudah membosankan
  • Membentuk kebiasaan yang kaku
  • Dapat menimbulkan verbalisme
7. Metode Pemberian Tugas (Resitasi)

Metode resitasi adalah metode penyajian bahan di mana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar. Biasanya guru memberikan tugas berupa resume dengan menggunakan kalimat sendiri dari materi yang sudah dipelajari.

Kelebihan metode resitasi :
  • Merangsang  siswa  dalam  melaksanakan  aktivitas  belajar  baik individual maupun kelompok
  • Dapat mengembangkan kemandirian
  • Membina tanggung jawab dan disiplin siswa
  • Mengembangkan kreatifitas siswa.
Kelemahan metode resitasi:
  • Sulit dikontrol
  • Khusus tugas kelompok yang aktif siswa tertentu
  • Sulit memberikan tugas yang sesuai perbedaan individu
  • Menimbulkan kebosanan. 
8. Metode Karyawisata 

Melalui  metode  ini  siswa-siswa  diajak  mengunjungi  tempat-tempat tertentu di luar sekolah. Tempat-tempat  yang akan dikunjungi dan hal-hal yang  perlu  diamati  telah  direncanakan  terlebih  dahulu,  dan  setelah kegiatan siswa diminta membuat laporan.

Kelebihan metode karyawisata :
  • Memiliki  prinsip  pengajaran  modern  dengan  memanfaatkan lingkungan nyata
  • Membuat relevansi antara apa  yang dipelajari dengan kebutuhan di masyarakat
  • Merangsang kreatifitas siswa
  • Bahan pelajaran lebih luas dan aktual.
Kelemahan metode karyawisata :
  • Kurangnya fasilitas
  • Perlu perencanaan yang matang
  • Perlu koordinasi agar tidak tumpah tindih waktu
  • Mengabaikan unsur studi
  • Kesulitan mengatur siswa yang banyak
9. Metode Sistem Regu (Team Teaching)

Metode sistem regu (team teaching), merupakan metode mengajar dua orang guru atau lebih bekerjasama mengajar sebuah kelompok siswa, jadi kelas dihadapi beberapa guru. Sistem regu banyak macamnya, sebab untuk satu regu tidak senantiasa guru secara formal saja, tetapi dapat melibatkan orang-orang luar yang dianggap perlu sesuai dengan keahlian yang kita butuhkan.

10. Metode Sosiodrama 

Metode  yang  digunakan  untuk  mengajarkan  nilai-nilai  dan  memecahkan masalah- masalah  yang  dihadapi  dalam  hubungan  sosial  dengan  orang-orang  di  lingkungan  keluarga,  sekolah  maupun  masyarakat.  Dalam pelaksanaannya  siswa  diberikan  peran  tertentu  dan  melaksanakan  peran tersebut serta mendiskusikannya di kelas.

Kelebihan metode sosiodrama :
  • Melatih  siswa  untuk  melatih,  memahami  dan  mengingat  isi  bahan yang akan didramakan
  • Melatih siswa berinisiatif dan berkreatif
  • Memupuk bakat
  • Menumbuhkan dan membina kerjasama
  • Mendapat kebiasaan untuk membagi tanggung jawab
  • Membina tata bahasa siswa
Kelemahan metode sosiodrama :
  • Kurang kreatif bagi anak yang tidak ikut dalam drama
  • Banyak memakan waktu
  • Memerlukan tempat yang luas
  • Mengganggu kelas lain karena gaduh.
11. Metode Simulasi

Metode simulasi, simulasi berasal dari kata simulate yang artinya pura-pura atau berbuat seolah-olah. Kata simulasition artinya tiruan atau perbuatan yang pura-pura. Dengan demikian, simulasi dalam metode mengajar dimaksud sebagai cara untuk menjelaskan sesuatu (bahan pelajaran) melalui proses tingkah laku imitasi atau bermain peran mengenai suatu tingkah laku yang dilakukan seolah-olah dalam keadaan yang sebenarnya.

Kelebihan Metode Simulasi :
  • Simulasi dapat dijadikan sebagai bekal bagi siswa dalam menghadapi situasi yang sebenarnya kelak; baik dalam kehidupan keluarga, masyarakat, maupun menghadapi dunia kerja
  • Simulasi dapat mengembangkan krwativitas siswa, karena melalui simulasi siswa diberi kesempatan untuk memainkan peranan sesuai dengan topik yang disimulasikan
  • Simulasi dapat memupuk keberanian dan percaya diri siswa
  • Memperkaya pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi berbagai situasi sosial yang problematis
  • Simulasi dapat meningkatkan gairah siswa dalam proses pembelajaran.
Kelemahan Metode Simulasi :
  • Pengalaman yang diperoleh melalui simulasi tidak selalu tepat dan sesuai dengan kenyataan di lapangan
  • Pengelolaan yang kurang baik. sering simulasi dijadikan sebagai alat hiburan, sehingga tujuan pembelajaran menjadi terabaikan
  • Faktor psikologis seperti rasa malu dan takut sering mempengaruhi siswa dalam melakukan simulasi.
Demikian tentang 11 Metode Pembelajaran dengan Kelebihan dan Kekurangannya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Rujukan :
Academia.edu
Find Out
Related Post

Ikuti Gacerindo.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad