Daftar Isi: (toc)
Contoh Proposal sponsorship ~ Dalam melaksanakan suatu perjuangan atau acara tentu seringkali kita membutuhkan dana guna terlaksananya acara tersebut. Namun demikian , tidak jarang pihak penyelenggara tidak memiliki cukup uang untuk membiayai seluruh acara tersebut. Dalam menangani permasalahan tersebut , pihak pelaksana biasanya meminta derma dari pihak lain baik bersifat perorangan , instansi pemerintah maupun swasta. Pihak pemberi tersebut kemudian di sebut sebagai donatur dan sponsor.
Donatur ialah pihak yang memberikan derma dengan cuma - cuma tanpa ada kerja sama diatas kertas apapun tanpa adanya timbal balik. Biasanya donatur hanya berpedoman bahwa acara yang dilaksanakan ialah baik sehingga patut untuk didukung sehingga dengan kerelaan hati memberi bantuan. Berbeda dengan donatur , sponsor akan memberikan derma dengan bentuk kerjasama yang kaitannya dengan promosi atau marketing suatu produk. Sehingga dikala melaksanakan suatu acara yang menggunakan dana sponsor maka akan kita lihat adanya logo perusahaan , bendera atau banner bahkan tidak jarang penjualan produk tertentu.
Proposal Kegiatan yang nantinya digunakan untuk meminta dana dari donatur atau sponsor tentu akan memiliki format yang berbeda. Karena sebagai pihak penyelenggara ingin menerima dana dari pihak yang dimintai derma , maka keharusan untuk menerima kepercayaan atas proyek yang disajikan haruslah mutlak. Sehingga sangat disarankan untuk memahami betul bagaimana cara membuat proposal acara untuk donatur maupun proposal sponshorsip untuk pihak perusahaan.
Pada bahasan kali ini , kita akan khusus membahas problem proposal sponshorship yang nantinya akan saya beri pola proposal sponshorship yang mampu anda unduh dari web ini. Silahkan disamak penjelasan lengkap dalam artikel Contoh Dan Cara Membuat Proposal Sponsorship Kegiatan berikut ini :
Cara Membuat Proposal Sponsorship
Sebelum Anda melangkah pada format contoh proposal sponsor alangkah baiknya anda perhatikan beberapa hal penting di bawah ini :
- Dalam membuat proposal permohonan sponsor , gunakan bahasa yang terperinci , lugas dan baku. Jangan pernah bertele - tele dalam memberikan rencana acara alasannya ialah mampu jadi , ada puluhan proposal yang sudah menumpuk di meja para manajer. Oleh alasannya ialah itu , jangan hingga proposal yang anda membuat hanya dijadikan sebagai pengisi tong sampah alasannya ialah terlalu bertele - tele.
- Tonjolkan keunggulan dari proyek anda. Setiap sponsor menginginkan semoga produknya mampu laku atau minimal dikenal oleh masyarakat sehingga mereka biasanya mempertimbangkan jumlah penonton atau pengunjung. Untuk itu , kenali siapakah partisipan acara tersebut dan berapa luas cakupan acara yang dilaksanakan , apakah satu desa? satu kecamatan atau satu kabupaten? semakin banyak masyarakat yang diikut sertakan semakin besar kemungkinan proposal tersebut diterima
- Tentukan bentuk kerjasama. Ada beberapa model sponsorship yang mampu dilaksanakan diantaranya ialah penjualan produk yaitu pihak sponsor mengharuskan penyelenggara untuk dapat menjual produk dari sponsor dalam jumlah tertentu dan harga tertentu. Timbal baliknya acara tersebut akan di danai. Model lain ialah sponsorship dengan memasang banner , bendera dll sebagai alat promosi. Model ibarat ini jumlah bantuannya biasanya tidak terlalu besar dibandingkan dengan model penjualan produk. Nah , anda harus bakir menentukan bentuk kerjasama ibarat apa yang ingin anda tawarkan.
- Jangan muluk - muluk. Kesalahan para pembuat proposal permohonan sponsor biasanya ialah terlalu muluk - muluk dalam meyakinkan calon sponsor. Dengan perhitungan dana sekian dapat mendatangkan partisipan sekian banyak yang bergotong-royong angka angka tersebut tidak atau sangat sulit dicapai. Oleh alasannya ialah itu , jikalau anda ingin semoga acara anda mampu terus berlangsung. Buat sponsor tersebut puas dengan kinerja anda alasannya ialah bagaimanapun , sponsor tidak memberikan derma secara gratis baik itu bersifat materil maupun non materil ibarat branding , atau promosi merk.
Format Proposal Permohonan Sponsor
Berikut ini pola format permohonan sponsor yang baik yaitu :
- Halaman Judul / Cover
- Latar belakang
Latar belakang ialah alasan "mengapa" atau "alasan pentingnya" acara tersebut dilaksanakan. Dalam penyusunannya biasanya terdiri dari tiga bab yaitu pendahuluan isi dan penutup yang tersusun didalam satu teks. Adapun model penulisan menggunakan umum ke khusus yaitu menyajikan data umum secara global lalu mengarah kepada pandangan khusus yang berkaitan bersahabat dengan acara tersebut. - Tujuan Kegiatan
Tujuan acara ialah berisi "untuk apa" acara tersebut dilaksanakan. Berbeda dengan latar belakang , tujuan acara lebih spesifik dan dapat ditulis secara berurutan. - Nama dan Tema Kegiatan
Nama Kegiatan merupakan gambaran umum dari kegaitan sementara tema acara ialah arah tujuan nama tersebut pola :
Nama Kegiatan : Festival Band Kreatif Tingkat Nasional Tahun 2016
Tema Kegiatan : " Dengan musik , tingkatkan moralitas cowok Indonesia" - Bentuk Kegiatan
Kegiatan apa saja yang akan diselenggarakan. Contoh :
1. Lomba Bersih Desa.
2. Jalan Sehat
3. Pameran buku - Peserta
Merupakan prediksi atau perkiraan akseptor yang akan mengikuti program tersebut atau yang akan mengunjungi acara tersebut baik sebagai akseptor maupun pengunjung. - Penyelenggara
Penyelenggara ialah pihak pelaksana acara tersebut. Sertakan juga kontak yang ada. - Jadwal dan lokasi kegiatan
- Susunan Kegiatan
- Susunan Panitia
- Rencana Anggaran
- Penutup
Penutup berisi kesimpulan serta ucapan terimakasih untuk calon sponsor. - Penawaran Kerjasama ( mampu dilengkapi surat perjanjian )
sumber : Cara Membuat Proposal
- Sponsor Tunggal yaitu sponsor yang menjadi satu satunya pihak yang membiayai 100% kegiatan.
- Sponsor Non Tunggal mampu terdiri dari
Sponsor Utama : sponsor yang memberikan kontribusi terbesar untuk pendanaan.
Sponsor Madya : Sponsor yang memberikan dana lebih kecil dari sponsor utama
Sponsor Partisipan : Sponsor yang memberikan derma dana terkecil.
Contoh dalam sebuah acara pekan raya , Panitia penyelenggara dapat memberikan kompensasi untuk pihak sponsor tunggal ibarat :
1. Pemasangan Banser atau umbul - umbul pada 12 titik strategis
2. Logo pada ID Card Panitia
3. Logo pada Background Panggung
4. Satu lokasi untuk selling product sponsor
Adapun jikalau pengajuan ialah usul sponsor utama , madya dan partisipan anda mampu menuliskannya ibarat dibawah ini :
Sponsor Utama ialah pihak yang membantu pendanaan sebesar 75% dari total rencana anggaran
Sponsor Madya ialah Pihak yang membantu pendanaan sebesar 50% dari total rencana anggaran
Sponsor Partisipan ialah Pihak yang membantu pendanaan sebesar 10% dari total rencana anggaran.
Kompensasi Sponsor Utama :
1. Pemasangan umbul - umbul di 10 titik strategis
2. Logo sponsor berukuran 4 x 6 pada ID Card
3. satu lokasi selling product
Kompensasi Sponsor Madya
1. Pemasangan umbul - umbul di 4 titik strategis
2. Logo sponsor berukuran 2x3 pda ID Card
3. Tidak ada lokasi selling product
Kompensasi Sponsor Partisipan
1. Pemasangan umbul - umbul di 2 titik strategis
2. Logo Sponsor berukuran 2x3 pada ID Card
3. Tidak ada lokasi selling product
Bentuk kompensasi di atas dapat anda rubah sesuai dengan cita-cita anda serta bentuk kegiatannya. Misalkan acara tersebut menggunakan MC , maka kompensasi yang ditawarkan mampu dalam bentuk promosi oleh MC secara langsung.
Untuk pola proposal permohonan dana sponshorship mampu anda lihat di bawah ini :
Untuk mengunduhnya silahkan klik link Dibawah
DOWNLOAD CONTOH PROPOSAL PERMOHONAN SPONSOR DOC
Ikuti Gacerindo.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda ☆ (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.