Daftar Isi: (toc)
gacerindo.com - Mendapatkan hasil pencarian teratas Google adalah tujuan semua pemilik situs web dan blog. Semakin tinggi peringkat di hasil pencarian Google, semakin banyak lalu lintas situs web yang Anda dapatkan.
Bagi pemilik situs toko online, lalu lintas yang tinggi berarti semakin banyak pengunjung yang dapat diubah menjadi arahan atau konsumen.
Bagi blogger, lalu lintas tinggi berarti mereka dapat mendaftar ke Google AdSense atau menjadi pendukung.
Coba simak artikel-artikel yang sudah Anda terbitkan satu per satu. Hampir semua artikel tersebut kemungkinan besar mengandung link / link, baik internal link maupun external link. Niat awal Anda untuk menempatkan tautan ini adalah untuk memudahkan pengunjung situs web berpindah dari satu halaman ke halaman lain atau untuk mengakses sumber informasi dari situs lain.
Temukan konten yang mendapat tayangan tinggi dengan CTR rendah. Kondisi ini menandakan konten sudah muncul di hasil pencarian, namun belum banyak orang yang membuka / mengklik konten tersebut. Biasanya hal ini disebabkan oleh kurangnya kata kunci yang sesuai dengan maksud pencari.
Sasaran ini tidak dapat dicapai hanya dengan merilis banyak konten tanpa pengoptimalan. Karena halaman situs web Anda tidak bisa naik ke atas hasil pencarian dengan sendirinya. Dibutuhkan berbagai teknik SEO yang efektif agar website Anda mendapat peringkat di hasil pencarian Google.
Artikel ini akan memandu Anda dalam menerapkan teknik SEO berdasarkan pembaruan algoritme terbaru dari Google. Teknik SEO selalu berubah sesuai pembaruan algoritma Google. Jika 10 tahun lalu sebuah artikel 300 kata yang diisi dengan kata kunci (keyword stuffing) mampu menduduki peringkat teratas Google, kini teknik SEO semacam itu sudah tidak berlaku lagi. Google selalu memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian terbaik kepada penggunanya. Hasil pencarian yang mampu menjawab pertanyaan pencari dengan lengkap.
Berikut adalah 15 teknik SEO terbaru untuk meningkatkan peringkat dan lalu lintas situs web Anda:
Instal Plugin Yoast SEO
Memasang plugin Yoast SEO adalah langkah bijak untuk memulai rangkaian pengoptimalan SEO yang panjang. Yoast SEO menyediakan berbagai fitur untuk meningkatkan kualitas SEO situs Anda.
Beberapa fitur utama Yoast SEO adalah mengubah tag judul dan deskripsi meta, mengirimkan Peta Situs XML, mengubah tautan permanen, memverifikasi Alat Webmaster Google, dan menganalisis konten Anda. Analisis konten adalah fitur paling menarik dari Yoast SEO. Fitur ini akan mengingatkan Anda jika ada konten Anda yang tidak sesuai dengan aturan SEO yang benar.
Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, Yoast SEO memberikan analisis untuk penggunaan subpos, panjang kalimat, dan panjang artikel. Anda tidak perlu mengecek kelengkapan konten secara manual agar proses penerapan teknik SEO pada konten bisa selesai lebih cepat. Silahkan di Download dibawah ini jika anda belum memilikinya.
Tambahkan Situs Web di Google Search Console
Google Search Console memungkinkan Anda untuk mengetahui domain mana yang memberikan link ke situs Anda (domain rujukan), performa situs di perangkat seluler, hingga analisis halaman situs dengan traffic tertinggi.
Catatan: Google Search Console (sebelumnya dikenal sebagai Alat Webmaster Google) adalah platform gratis bagi pemilik situs web untuk memantau kinerja situs web di ranah organik Google.
Berikut adalah cara menambahkan website ke Google Search Console:
- Masuk ke Akun Google
- Buka Alat Webmaster
- Klik Tambahkan Properti
- Pilih "Situs web"
- Pilih "Situs web" dari menu tarik-turun dan masukkan URL situs web Anda. Pastikan Anda memasukkan URL yang sama persis dengan URL yang muncul di browser.
- Klik "Lanjutkan"
- Pilih Metode Verifikasi
Google Search Console menyediakan beberapa cara untuk memverifikasi situs web, mulai dari mengupload file HTML, penyedia nama domain, tag HTML, atau kode pelacakan Google Analytics. Pilih salah satu yang Anda inginkan.
Tambahkan Domain Secara Terpisah
Jika situs web Anda mendukung versi http: // dan https: //, tambahkan secara terpisah.
Baca juga: CSSIgniter Decorist Theme WordPress
Buat Peta Situs
Dengan sitemap, website Anda akan lebih mudah ditemukan dan diindeks oleh mesin pencari dengan lebih cepat. Peta situs tersebut juga akan memberi tahu mesin pencari bila ada perubahan struktural pada situs web. Membuat peta situs mencakup teknik SEO dasar tetapi sangat penting.
Catatan: Sitemap adalah daftar semua halaman website yang dapat diakses oleh pengunjung dan mesin pencari.
Ada dua jenis peta situs, yaitu peta situs XML dan peta situs HTML. Peta situs XML adalah peta situs yang diakses oleh mesin pencari, sedangkan peta situs HTML adalah yang diakses oleh pengunjung.
Pasang Google Analytics
Selain memasang Google Search Console , Anda juga perlu memasang Google Analytics. Google Search Console dan Google Analytics memiliki fungsi yang berbeda. Fungsi utama Google Search Console adalah untuk mengecek kinerja situs web dalam hasil pencarian, sedangkan fungsi utama Google Analytics adalah untuk mengidentifikasi perilaku pengunjung situs web.
Dengan Google Analytics , Anda dapat mengetahui pergerakan pengunjung dari halaman pertama yang mereka kunjungi ke halaman apa mereka menutup situs Anda. Selain itu, Google Analytics juga akan membantu Anda mengetahui halaman mana yang menghasilkan konversi paling banyak dan mana yang kurang optimal.
Tingkatkan Kecepatan Situs Web
Salah satu hal yang paling dibenci oleh pengunjung situs web adalah pemuatan yang lambat. Loading website yang panjang membuat pengunjung website kesal dan akhirnya mencari website lain yang bisa memberikan informasi lebih cepat.
Tidak peduli seberapa bagus konten yang Anda buat, pengunjung situs web tidak memiliki toleransi terhadap loading yang lambat. Menurut Google, 53 persen pengguna internet meninggalkan situs web yang membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk dimuat.
Selain itu, 79 persen orang yang kecewa dengan situs web yang memuat lama mengatakan bahwa mereka tidak akan kembali ke situs web tersebut lagi. Meningkatkan kecepatan website merupakan salah satu teknik SEO On Page yang wajib dilakukan dalam dunia SEO.
Riset Kata Kunci
Tidak melakukan riset kata kunci sebelum membuat konten merupakan kesalahan fatal bagi pemilik website dan blog. Riset kata kunci akan membantu Anda menemukan kata kunci yang relevan untuk pembaca Anda. Ada lima indikator penelitian kata kunci yang perlu Anda perhatikan, yaitu volume pencarian, tingkat kesulitan kata kunci, saran kata kunci, SERP , dan maksud pencarian.
- Pertama, volume pencarian adalah jumlah pencarian kata kunci dalam jangka waktu tertentu.
- Kedua, tingkat kesulitan kata kunci menunjukkan tingkat kesulitan suatu kata kunci untuk berada di halaman pertama hasil pencarian.
- Ketiga, saran kata kunci adalah kumpulan kata kunci yang terkait dengan kata kunci yang Anda teliti.
- Keempat, SERP atau Halaman Hasil Mesin Pencari menunjukkan halaman-halaman yang berada di peringkat 10 teratas di hasil pencarian untuk kata kunci yang Anda teliti.
- Terakhir, maksud pencarian adalah maksud yang diinginkan oleh pencari untuk sebuah kata kunci.
Satu kata kunci dapat memiliki lebih dari satu interpretasi dan Google memprioritaskan interpretasi sesuai dengan keinginan pencari.
Targetkan Kata Kunci Long Tail
Ada dua jenis kata kunci berdasarkan jumlah kata di dalamnya, yaitu kata kunci ekor pendek dan kata kunci ekor panjang. Kata kunci ekor pendek adalah kata kunci yang terdiri dari satu atau dua kata seperti "buat blog" dan "buat situs web"
Buat Konten Lengkap dan Menarik
Saat orang mencari kata kunci di mesin pencari, mereka menginginkan jawaban lengkap yang dapat menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Google pun menyadari kebutuhan penggunanya dan mulai memprioritaskan konten lengkap untuk menempati posisi teratas di hasil pencarian.
Anda dapat menambahkan ilustrasi, infografis, atau video untuk melengkapi artikel. Media visual akan membantu pembaca memahami isi artikel Anda dengan mudah. Jika mereka puas dengan konten Anda yang lengkap, bukan tidak mungkin mereka akan membagikan konten tersebut di media sosial.
Optimasi Gambar
Menambahkan gambar ke konten website / blog Anda merupakan langkah yang bagus agar pengunjung tidak bosan dengan teks. Selain itu, gambar juga dapat membantu pengunjung untuk memahami konten Anda. Namun, Anda juga perlu mengoptimalkan gambar yang Anda unggah agar tidak memperlambat loading website atau blog Anda.
Ada banyak cara untuk mengoptimalkan gambar di blog Anda, dari manual hingga otomatis.
Maksimalkan Tautan Internal.
Selain backlink (tautan eksternal), tautan internal juga berperan penting dalam pengoptimalan SEO. Tautan internal adalah tautan dari satu halaman ke halaman lain di situs web yang sama.
Tautan internal membantu mesin pencari memahami konteks dan hubungan antara halaman-halaman di situs web. Google memprioritaskan situs web yang kontennya saling berhubungan dan Anda dapat menunjukkan hubungan antar konten melalui tautan internal.
Tautan internal secara tidak langsung juga membantu meningkatkan waktu yang dihabiskan pengunjung di situs / blog Anda. Dengan adanya internal link, pengunjung akan lebih mudah berpindah ke halaman lain di website tersebut untuk membaca konten yang berhubungan dengan konten sebelumnya. Semakin banyak tautan internal yang diklik pengunjung, semakin banyak halaman yang mereka kunjungi di situs web. Artinya, semakin banyak waktu yang mereka habiskan di situs web Anda.
Posting Tamu
Guest post adalah menulis artikel bukan untuk dipublikasikan di blog milik sendiri, melainkan di blog / website orang lain. Di artikel tersebut terdapat link yang mengarah ke blog / website anda. Cara ini cukup efektif untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.
Untuk menghasilkan backlink berkualitas, Anda harus memilih dengan cermat situs web yang akan menerbitkan kiriman tamu Anda. Pilih website atau blog yang kualitasnya jauh lebih baik dari milik Anda, baik dari segi traffic maupun rating domain. Anda dapat bekerja sama dengan blogger influencer atau media online untuk melakukan posting tamu. Teknik SEO dengan backlink merupakan salah satu strategi dasar SEO yang bisa diandalkan hingga saat ini.
Buat Postingan di Medium.
Media sosial bukan satu-satunya platform yang dapat Anda gunakan untuk berbagi konten situs web / blog. Platform lain yang pantas Anda manfaatkan adalah Medium.
Catatan: Medium adalah platform jurnalisme komunitas dengan 60 juta pembaca setiap bulan.
Medium memungkinkan Anda untuk menerbitkan kembali konten situs web Anda pada platformnya dan menyediakan tautan kanonik. Link kanonik berfungsi untuk memberi tahu mesin pencari bahwa dua konten yang identik adalah URL yang sama sehingga tidak akan merusak reputasi SEO website Anda.
Selain fitur impor, Anda juga dapat mempublikasikan konten baru yang terkait dengan situs web Anda di Medium dan memasang link ke salah satu konten di blog Anda. Meski hanya berkontribusi pada link no-follow, cara kedua tetap patut dicoba untuk mempromosikan blog atau website Anda.
Periksa Tautan
Coba simak artikel-artikel yang sudah Anda terbitkan satu per satu. Hampir semua artikel tersebut kemungkinan besar mengandung link / link, baik internal link maupun external link. Niat awal Anda untuk menempatkan tautan ini adalah untuk memudahkan pengunjung situs web berpindah dari satu halaman ke halaman lain atau untuk mengakses sumber informasi dari situs lain.
Sayangnya, terkadang tautan ini kedaluwarsa. Tautan kadaluarsa akan mengarahkan pengunjung ke halaman yang tidak pantas atau bahkan 404 halaman kesalahan. Hal ini dapat menurunkan kualitas pengalaman pengunjung.
Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pemeriksaan tautan secara rutin agar pengunjung selalu diarahkan ke halaman yang benar. Untuk melakukan pemeriksaan link, Anda bisa menggunakan Google Search Console.
Optimasi Tag Meta
Setelah menulis konten yang terdiri dari ribuan kata, hanya sebagian kecil yang akan muncul di hasil pencarian. Hasil pencarian hanya menampilkan tag meta yang terdiri dari tag judul dan deskripsi meta.
Pertama, tag judul adalah judul artikel Anda yang muncul di hasil pencarian. Judul artikel tidak boleh terlalu panjang karena Google akan memotongnya dan menyesuaikannya sesuai standarnya. Kedua, meta description adalah teks singkat yang berisi ringkasan konten Anda di hasil pencarian. Teks ini terletak tepat di bawah judul artikel dan URL. Deskripsi meta biasanya terdiri dari 110 hingga 120 karakter.
Tantangan Anda adalah bisa membuat judul semenarik mungkin tanpa melebihi batasan yang ditetapkan oleh Google. Selain itu, Anda juga harus bisa merangkum seluruh konten artikel menjadi 110 hingga 120 karakter.
Perbarui Konten Lama
Secara konsisten membuat konten baru untuk situs web atau blog Anda memang merupakan langkah yang baik. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan konten lama yang sudah Anda publikasikan. Bisa jadi konten merupakan sumber trafik yang tidak kalah dengan konten baru.
Mungkin banyak konten lama yang kinerjanya masih bisa ditingkatkan. Sebelum mengoptimalkan konten lama, Anda perlu melakukan evaluasi untuk menentukan konten mana yang berpotensi menghasilkan trafik.
Anda dapat melakukan evaluasi ini menggunakan bantuan Google Search Console. Melalui Google Search Console, Anda bisa mengetahui performa setiap halaman website di hasil pencarian.
Temukan konten yang mendapat tayangan tinggi dengan CTR rendah. Kondisi ini menandakan konten sudah muncul di hasil pencarian, namun belum banyak orang yang membuka / mengklik konten tersebut. Biasanya hal ini disebabkan oleh kurangnya kata kunci yang sesuai dengan maksud pencari.
Untuk memeriksa kinerja per halaman situs web di Google Search Console, ikuti langkah-langkah berikut:
- Buka tab Performance
- Klik Halaman
- Pilih halaman web yang ingin Anda lihat performanya
- Lalu klik tab "Queries"
Setelah itu, akan muncul kata kunci yang menghasilkan impresi untuk halaman tersebut. Berdasarkan laporan dari Queries, Anda dapat melengkapi informasi di artikel tersebut dengan menggunakan kata kunci SEO Paling Ampuh Meningkatkan Traffic Website yang menghasilkan impresi untuk halaman tersebut.
Dengan begitu kemungkinan halaman website tersebut muncul dengan berbagai kata kunci lebih besar. Artikel Anda akan lebih kaya informasi yang sesuai dengan apa yang dicari orang di mesin pencari.
Kesimpulan
Menerapkan serangkaian teknik SEO memang membutuhkan banyak waktu. Butuh kesabaran dan konsistensi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dari 15 Teknik SEO Paling Ampuh Meningkatkan Peringkat dan Traffic Website di atas. Jadi persiapkan tenaga Anda untuk menjalani proses panjang dari teknik SEO terbaru ini. Selamat mencoba teknik SEO diatas!
Ikuti Gacerindo.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda ☆ (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.