Daftar Isi: (toc)
Berbisnis pulsa elektronik memang menguntungkan karena orang pasti butuh pulsa untuk menelepon, namun mana kala sedang sepi tentunya keuntungan tipis, tapi bila ingin untung yang besar maka modalnya pun harus besar, berikut ada beberapa tips untuk anda dalam berbisnis pulsa:
1. Jangan dulu tergiur dengan harga yang murah, kalau perlu
coba dulu beberapa produk penyedia layanan untuk menentukan pilihan.
2. Tidak rugi mempunyai beberapa account deposit dari penyedia
layanan yang berbeda karena biasanya beberapa produk lebih murah di
salah satu operator, namun operator lain lebih mahal. Selain itu
pihak penyedia layanan sering mengalami kekosongan di beberapa
voucher nilai tertentu contohnya jika di penyedia layanan 1
simpati20 sedang kosong, Anda bisa membeli simpati20 di penyedia
layanan 2 biarpun harganya mungkin lebih mahal, anda mempertahankan
pelanggan anda.
3. Ada beberapa penyedia layanan yang menawarkan transaksi
gratis memakai 4 nomor istimewa contohnya 6606 untuk mentari atau
6629 untuk esia. Berdasarkan pengalaman saya beberapa nomor ini
sering digunakan operator untuk acara quiz sehingga sering ditemukan
kendala seperti sulit untuk terkirim. Saya sekali lagi menyarankan
untuk mencoba dulu baru memilih. (saya sendiri lebih cenderung
memakai nomor biasa karena lebih lancar)
4. Minimalkan biaya penggunaan nomor biasa (jika memakai no
biasa bukan 4 nomor istimewa) dengan penggunaan operator yang sama
dengan nomor server contohnya sesama kartu jempol atau sesama kartu
As yang dibebani Rp.99,00-Rp.100,00per SMS. Atau untuk XL Bebas bisa diisi XL-Xtra yang bisa dapat gratis 100 SMS per hari.
5. Upayakan menggunakan fasilitas setoran langsung ke bank yang
sama dengan upline (tidak melalui kliring antar bank) agar lebih
cepat sampai dan lebih murah meskipun di kota yang berbeda
6. Perhatikan kelengkapan laporan yang masuk. Lebih lengkap,
lebih baik yang penting perlu ada : berhasil/gagal nya transaksi,
nomor transaksi, nilai dan jenis voucher yang ditransaksikan, saldo
deposit anda, nomor pelanggan, keterangan nilai voucher yang sedang
kosong, dan promosi. Karena ada beberapa penyedia layanan yang
kurang lengkap laporannya. Sementara kelengkapan laporan akan
memudahkan Anda untuk mengurus pembukuannya.
7. Jangan hapus sms laporan minimal 24 jam untuk memudahkan
mengurus pembukuan dan komplain bila ada masalah.
8. Masalah yang sering timbul: pulsa belum masuk ke nomor
pelanggan, sementara laporan berhasil, dan deposit anda sudah
berkurang. Solusi: tunggu maksimal 10 menit. Jika sudah lewat segitu
biasanya ada trouble di operator. Segera kirim komplain! Jika memang
trouble, transaksi akan direverse, dan deposit anda akan kembali max
24 jam
9. Terkadang ada pelanggan nakal yang mengaku pulsa belum masuk
padahal sudah. Untuk mengecek hal ini, pinjam HP pelanggan untuk
memeriksa pulsa dan periksa tanggal masa berlakunya (untuk ini anda
perlu mengetahui masing-masing masa berlaku dan masa tenggang voucher).
Jika pelanggan tidak membawa HPnya minta dia untuk membuktikannya.
10. Jangan lupa untuk memberikan nota/bon untuk pelanggan yang
tidak membawa HP atau pulsa nya belum masuk dan pelanggan mau
menunggu
11. Semoga bermanfaat, semoga sukses, ikuti aturan yang berlaku
Insya Allah akan lancar, jangan lupa berdoa dan membagi pengetahuan
ini kepada yang lainnya
Demikian tipsnya dalam menjalankan bisnis pulsa handphone semoga menambah pengetahuan anda, temukan info menarik tentang Peluang Bisnis
Temukan artikel terkait: Tips Menjalankan Bisnis Komputer
1. Jangan dulu tergiur dengan harga yang murah, kalau perlu
coba dulu beberapa produk penyedia layanan untuk menentukan pilihan.
2. Tidak rugi mempunyai beberapa account deposit dari penyedia
layanan yang berbeda karena biasanya beberapa produk lebih murah di
salah satu operator, namun operator lain lebih mahal. Selain itu
pihak penyedia layanan sering mengalami kekosongan di beberapa
voucher nilai tertentu contohnya jika di penyedia layanan 1
simpati20 sedang kosong, Anda bisa membeli simpati20 di penyedia
layanan 2 biarpun harganya mungkin lebih mahal, anda mempertahankan
pelanggan anda.
3. Ada beberapa penyedia layanan yang menawarkan transaksi
gratis memakai 4 nomor istimewa contohnya 6606 untuk mentari atau
6629 untuk esia. Berdasarkan pengalaman saya beberapa nomor ini
sering digunakan operator untuk acara quiz sehingga sering ditemukan
kendala seperti sulit untuk terkirim. Saya sekali lagi menyarankan
untuk mencoba dulu baru memilih. (saya sendiri lebih cenderung
memakai nomor biasa karena lebih lancar)
4. Minimalkan biaya penggunaan nomor biasa (jika memakai no
biasa bukan 4 nomor istimewa) dengan penggunaan operator yang sama
dengan nomor server contohnya sesama kartu jempol atau sesama kartu
As yang dibebani Rp.99,00-Rp.100,00per SMS. Atau untuk XL Bebas bisa diisi XL-Xtra yang bisa dapat gratis 100 SMS per hari.
5. Upayakan menggunakan fasilitas setoran langsung ke bank yang
sama dengan upline (tidak melalui kliring antar bank) agar lebih
cepat sampai dan lebih murah meskipun di kota yang berbeda
6. Perhatikan kelengkapan laporan yang masuk. Lebih lengkap,
lebih baik yang penting perlu ada : berhasil/gagal nya transaksi,
nomor transaksi, nilai dan jenis voucher yang ditransaksikan, saldo
deposit anda, nomor pelanggan, keterangan nilai voucher yang sedang
kosong, dan promosi. Karena ada beberapa penyedia layanan yang
kurang lengkap laporannya. Sementara kelengkapan laporan akan
memudahkan Anda untuk mengurus pembukuannya.
7. Jangan hapus sms laporan minimal 24 jam untuk memudahkan
mengurus pembukuan dan komplain bila ada masalah.
8. Masalah yang sering timbul: pulsa belum masuk ke nomor
pelanggan, sementara laporan berhasil, dan deposit anda sudah
berkurang. Solusi: tunggu maksimal 10 menit. Jika sudah lewat segitu
biasanya ada trouble di operator. Segera kirim komplain! Jika memang
trouble, transaksi akan direverse, dan deposit anda akan kembali max
24 jam
9. Terkadang ada pelanggan nakal yang mengaku pulsa belum masuk
padahal sudah. Untuk mengecek hal ini, pinjam HP pelanggan untuk
memeriksa pulsa dan periksa tanggal masa berlakunya (untuk ini anda
perlu mengetahui masing-masing masa berlaku dan masa tenggang voucher).
Jika pelanggan tidak membawa HPnya minta dia untuk membuktikannya.
10. Jangan lupa untuk memberikan nota/bon untuk pelanggan yang
tidak membawa HP atau pulsa nya belum masuk dan pelanggan mau
menunggu
11. Semoga bermanfaat, semoga sukses, ikuti aturan yang berlaku
Insya Allah akan lancar, jangan lupa berdoa dan membagi pengetahuan
ini kepada yang lainnya
Demikian tipsnya dalam menjalankan bisnis pulsa handphone semoga menambah pengetahuan anda, temukan info menarik tentang Peluang Bisnis
Temukan artikel terkait: Tips Menjalankan Bisnis Komputer
Ikuti Gacerindo.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda ☆ (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.