Tradisi Bakar Lemang Bambu Menyambut Bulan Ramadhan di Aceh Barat

Daftar Isi: (toc)



Gacerindo - Membakar lemang bambu, merupakan salah satu tradisi di Aceh saat menyambut bulan suci ramadan. Tradisi memasak kuliner khas berbuka ini mulai dilaksanakan satu minggu jelang ramadan yang akan dibagikan kepada warga sekitar untuk mempererat silaturahmi.
ilustrasi Bakar Lemang Bambu
Net







- Membakar lemang bambu, merupakan salah satu tradisi di Aceh saat menyambut bulan suci ramadan. Tradisi memasak kuliner khas berbuka ini mulai dilaksanakan satu minggu jelang ramadan yang akan dibagikan kepada warga sekitar untuk mempererat silaturahmi.



Adalah keluarga Liyati yang sedang meracik kuliner khas berbuka puasa ini di Desa Alue Raya, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Sabtu (19/4/2020).



Dibantu kedua anaknya, Liyati mulai meramu bahan yang di butuhkan seperti beras ketan putih, santan kelapa, garam, daun pisang muda. Kemudian bahan-bahan tersebut diracik yang selanjutnya dibalut dengan daun pisang muda dan dimasukkan ke dalam bambu.



Tak lupa agar bumbu lebih gurih dan legit dilumuri santan hingga ujung daun sampai merata. Bambu yang berisi bahan-bahan tersebut selanjutnya dijejerkan dengan rapi pada perapian yang telah disiapkan, api pun mulai membakar setiap batang bambu hingga masak.



Proses pembakaran memakan waktu dua hingga tiga jam dengan api yang tidak terlalu besar sehingga bambu tidak terbakar hangus namun mampu mematangkan isinya. Setelah tiga jam, maka lemang pun telah matang dengan sempurna dan siap di santap.[Tribun]



Find Out
Related Post

Ikuti Gacerindo.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad