Cara Memasang Meta Keyword & Meta Description Blog/Web

Daftar Isi: (toc)

Gacerindo - Hai ketemu lagi dengan seri tutorial, kali ini akan mengulas beberapa hal yang menjadi prosedur wajib untuk SEO, yaitu meta description dan meta keyword.

- Hai ketemu lagi dengan seri tutorial, kali ini akan mengulas beberapa hal yang menjadi prosedur wajib untuk SEO, yaitu meta description dan meta keyword. Yah walaupun ini hanya basic saja sih, tapi masih banyak blogger loh yang belum tahu kegunaannya padahal cara mengaturnya pun terbilang mudah.



style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-3968788323447297"
data-ad-slot="3675022914"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">


Kualitas konten suatu blog atau website itu bisa untuk branding companies dan bukanlah satu-satunya yang perlu diperhatikan loh teman, untuk bisa bersaing di search engine perlu juga pengaturan on-page-nya agar maksimal, yah seperti menaruh meta description dan meta keyword ini. Dari namanya tentu sudah paham yah arti masing-masing kode meta tersebut.



Walau terkesan sepele dan buang-buang waktu, tapi penambahan meta description dan meta keyword ternyata berdampak sangat besar loh. Penting untuk diketahui bagi yang belum paham, bahwasanya kata kunci atau keyword akan seringkali dipakai oleh orang untuk mencari sebuah artikel atau hal penunjang lain demi kepenting si pencari tersebut, meta keyword pada halaman home bisa mewakili ini. Sedang deskripsi mewakili keseluruhan isi dari blog kalian.



Oke, yuk langsung saja menuju tutorial cara mudah mengatur meta description dan meta keyword pada blog. Tutorialnya terbagi dua platform yah, Untuk blogspot dan untuk WordPress. Berikut tutorialnya:



Blogspot Platform



Cara mudah mengatur Meta Description dan Meta Keyword Pada Blogspot platform atau blogger.com :



Buka fitur Edit HTML pada menu Template. Template (Tema) >> Edit HTML.

Cari Kode </head> untuk mempercepat pencarian, gunakan (CTRL+F).

Cari kode di bawah ini

<meta content=’Deskripsi Blog‘ name=’description‘/>

<meta content=’Kata Kunci Blog‘ name=’keywords‘/>

Apabila kode diatas belum ada, kakak bisa langsung menambahkan kodenya saja dengan cara copy dan paste ke tempat pengeditan HTML pada bilah template/tema blognya. Jangan lupa untuk menaruh kode tersebut diatas kode </head> yah.



Ubah tulisan ‘Deskripsi Blog‘ untuk Meta Description, dan ‘Kata Kunci Blog‘ untuk Meta Keyword (tanda 1 petik jangan dihilangkan).

Save/Simpan Template

Meta Description ditulis Minimal 100 Karakter/huruf dan maksimal 160 (untuk menghitung jumlah huruf secara online, bisa pakai ini : https://www.lettercount.com/)

Meta Keyword ditulis minimal 1 kategori niche, maksimal tak terhingga. Ingat!! Jangan sama ya kak antara Meta Description dan Meta Keyword.



Meta Keyword ditulis sesuai niche masing-masing dari blognya, misal: teknologi, keluarga, kesehatan, lifestyle, beauty, parenting, review, smartphone, produk, informasi) boleh disebut lebih dari satu.”



Meta Description itu menceritakan isi dari blog atau website kalian, misal: Blog ini memberikan informasi seputar review produk, parenting, kesehatan dan lifestyle. Adapula tips-tips kecantikan dan cerita seputar perjalanan kehidupan.”



WordPress Platform



Untuk kalian yang menggunakan platform WordPress, sebenarnya ada cara sangat mudah menggunakan plugin Yoast, akan tetapi kadang karena plugin tersebut sering update dan ada beberapa fitur yang dihilangkan akan sangat susah kita mengaturnya mencari Meta Description dan Meta Keyword. Apalagi untuk yang awam tentunya akan sangat kerepotan, nah untuk hal ini lebih disarankan mengaturnya dengan cara manual seperti pada platform blogspot.



Cara mudah mengatur meta description dan meta keyword pada wordpress dengan cara manual:



Pada dashboard wordpress, masuk Appearance dan pilih editor.

Cari dan edit file header.php

Lalu cari (Ctrl+F) judul dari blog kalian (biasanya bertuliskan ?php bloginfo (atau sesuai dengan gambar di bawah)

Di bawah setelah judul blog, tambahkan kode:

<meta name=“description” content=“DESKRIPSI BLOG ANDA” />

<meta name=“keywords” content=“Keyword1, Keyword2, Keyword3, dan seterusnya” />

Silakan di edit “DESKRIPSI BLOG ANDA” sebagai Meta Description, dan “Keyword1, Keyword2, Keyword3, dan seterusnya” sebagai Meta Keyword

Setelah mengedit sesuai dengan kegunaannya masing-masing, jangan lupa update file atau save.



style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-3968788323447297"
data-ad-slot="3675022914"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">


Mudah bukan? Sekarang blog kalian sudah mempunyai Meta Description dan Meta Keyword sebagai penunjang dari SEO. Otomatis blog kalian bisa tuh dilirik oleh digital agency, kan lumayan banget itu. O ya, kalau masih ada yang kurang jelas bisa langsung bertanya di kolom komentar ya kakak yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya. See You..[source]
Find Out
Related Post

Ikuti Gacerindo.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad