Kalimat Mana yang Cocok dan Tepat "Ramadan Kareem" atau "Ramadan Mubarak"?

Daftar Isi: (toc)










- Bulan Ramadhan 1443 H diperkirakan bahkan sudah diperkirakan akan jatuh pada hari Selasa, 2 April 2022. Bagi umat Islam, tak sedikit muslim yang merangkai kata dan mengunakan kalimat Ramadhan Kareem yang akan disampaikan kepada sesama saudara seiman baik secara lisan dan tulisan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.



Namun tahukah anda makna "Ramadhan Kareem"?, Apakah sudah cocok dan tepat untuk penggunaan kalimat Ramadhan Kareem untuk ucapan bulan Ramadhan?



Dilansir dari laman suara.com dan berbagai sumber, Karim memiliki makna murah hati . Jika didefinisikan secara bahasa, Ramadhan Kareem bisa diartikan dengan “Semoga Ramadhan bermurah hati kepada Anda”. Kalimat Ramadhan Kareem pun menuai perdebatan dikalangan orang banyak.



Menurut salah satu cendekiawan muslim, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin menyebutkan:



“Hukumnya adalah bawah kalimat ini “Ramadan Karim” (terjemahnya: Ramadan itu pemurah) adalah tidak benar. Yang benar adalah “Ramadan Mubarak” (Ramadan yang diberkahi) atau yang semisal, karena bukan Ramadan yang memberi sehingga disebut pemurah, akan tetapi Allah Ta’ala yang memberikan keutamaan ini.”



Oleh karena itu, Ramadhan Mubarak dinilai lebih tepat untuk diucapkan daripada Ramadhan Kareem. Sebab, Ramadhan Mubarak sendiri memiliki arti “Ramadhan yang diberkati" atau “Ramadhan yang bahagia”.





Penggunaan kalimat Ramadhan Mubarak pun sudah dicontohkan Nabi Muhammad ﷺ seperti dalam hadist berikut:



“Telah datang kepada kalian Ramadan, bulan mubarak (bulan yang diberkahi). Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (HR. Ahmad).



Walaupun begitu, cukup banyak juga yang yakin bahwa tidak ada yang salah dengan penggunaan Ramadhan Kareem. Terlepas dari perdebatan yang ada, sudah sewajarnya umat Muslim dapat menanggapinya dengan bijaksana dan menggunakan ucapan yang memang telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad ﷺ.



Selain itu, semoga semangat bulan Ramadhan tidak hanya tergambar melalui ucapan. Namun juga amalan sebanyak-banyaknya, karena di bulan inilah Allah Ta'ala telah membukakan pintu maaf selebar-lebarnya.



Sekarang Anda sudah tahu Ramadhan Kareem artinya apa. Jadi, ucapan Ramadhan Mubarak akan lebih tepat dikirimkan kepada sesama umat Muslim untuk menyambut bulan suci Ramadan.[Souce]

والله أعلمُ

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ






Find Out
Related Post

Ikuti Gacerindo.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad