5 Makanan Sumber Vitamin D yang Baik untuk Tubuh

Daftar Isi: (toc)

Gacerindo - Sumber vitamin D bisa berasal dari makanan maupun dihasilkan oleh tubuh secara alami saat terkena sinar matahari.

- Sumber vitamin D bisa berasal dari makanan maupun dihasilkan oleh tubuh secara alami saat terkena sinar matahari.





Vitamin D bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan otot. Selain itu, vitamin ini juga berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan bakteri dan virus. Lalu apa saja makanan sumber vitamin D yang dapat kita temukan?



Salah satu sumber vitamin D adalah dari sinar matahari. Namun, terkadang bagi beberapa orang tidak mendapatkan  paparan sinar matahari yang cukup. Oleh karenanya, asupan vitamin D yang harus dipenuhi lewat makanan kira-kira 1.000 IU (25 mcg) per hari.



Dilansir dari healthline.com, inilah sejumlah makanan dengan kaya akan vitamin D.



1. Sarden dan Makarel



Sarden kalengan juga merupakan sumber vitamin D. Dalam setiap 3,8 ons sarden kalengan mengandung 177 IU. Jenis ikan lain yang mengandung vitaminD mackerel yang menyediakan 360 IU per setengah fillet.



2. Minyak hati ikan kod



Minyak hati ikan kod merupakan sumber nutrisi yang cukup populer. Kandungan vitamin D di dalamnya juga cukup tinggi, yakni  448 IU per sendok teh (4,9 ml).



Minyak hati ikan kod juga merupakan sumber vitamin A yang sangat tinggi. Namun, vitamin A bisa menjadi racun bila dikonsumsi berlebihan.



Selain itu, minyak hati ikan kod mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi.



4. Tuna kalengan



Banyak orang menyukai tuna kalengan karena rasanya yang enak dan cara penyimpanannya yang praktis. Namun tidak ada salahnya juga bila ingin mengkonsumsi tuna segar.



Tuna kalengan mengandung hingga 268 IU vitamin D dalam porsi 3,5 ons (100 gram). Ikan ini  juga merupakan sumber niasin dan vitamin K yang baik.



5. Kuning telur



Tidak semua sumber vitamin D dari makanan laut. Kuning telur juga merupakan sumber vitamin D. Makanan ini termasuk murah dan mudah didapat. Telur juga mengandung banyak protein pada kuning maupun bagian putihnya.



Makanan ini jadi salah satu pilihan sebagai sumber vitamin D untuk anak. Satu kuning telur khas mengandung 37 IU vitamin D.





Ada juga jenis telur dari ayam yang diberi pakan vitamin D. Telur jenis ini bisa mengandung 6000 IU vitamin D per kuning telur.[suara]
Find Out
Related Post

Ikuti Gacerindo.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad