Resep dan Cara Bikin Bumbu Sate Kambing Bakar Empuk dan Tidak Alot

Daftar Isi: (toc)



Gacerindo - Momen bersama di Hari Raya Idul Adha sudah menjadi adat kebiasaan masyarakat Indonesia untuk berkumpul dengan keluarga.
ilustrasi
Food
Net








- Momen bersama di Hari Raya Idul Adha sudah menjadi adat kebiasaan masyarakat Indonesia untuk berkumpul dengan keluarga. Tentunya, tidak jarang kaum ibu mempersiapkan bumbu sate kambing bakar spesial.



Hari Raya Idul Adha sudah menjadi agenda umum tahunan umat Islam. Biasanya daging yang dikurbankan meliputi, kerbau, kambing dan sapi. Biasanya, daging kurban bisa diolah menjadi bumbu sate kambing yang nikmat dan menggugah selera. Tentu sangat cocok untuk menjalin keakraban bersama keluarga.



Lalu, bagaimana cara membuat bumbu sate kambing bakar nikmat dan menggiurkan? Selain itu, tekstur daging tidak alot dan empuk?



Dilansir Media Blitar dari Kanal YouTube Sajian Sedap, berikut rahasia agar daging kambing tidak keras. Caranya dengan mengambil daging kambing berasal dari paha atas yang terletak pada bagian belakang maupun daging bagian dalam.



Kemudian, Anda dapat menambahkan potongan lemak yang diletakkan diantara potongan daging kambing saat ditusuk. Hal tersebut bertujuan agar sate menjadi lembab karena lemak yang menetes di sekitar daging saat proses pembakaran.







Setelah daging dilakukan pemotongan, maka sebaiknya jangan langsung dibakar. Namun, Anda dapat membiarkan daging tersebut di dalam lemari es beberapa menit lebih dahulu. Tidak lupa, daging bisa Anda rendam dengan bumbu agar meresap.



Agar daging tidak keras alias alot, Anda dapat memberikan pengempuk daging atau memakai baking powder dalam campuran bumbu rendaman daging. Fungsi dari bahan-bahan tersebut yakni membuat daging kambing ataupun sapi tidak alot saat dijadikan sate.



Selama dilakukan proses perendaman, daging kambing maupun sapi dapat dilakukan pembungkusan dengan memakai daun pepaya maupun nanas yang sudah diparut. Lalu bahan apa saja yang dipakai untuk membuat bumbu sate kambing?



Persiapan Bahan dan Tata Cara Membuat Bumbu Sate Kambing Bakar



Bahan-bahan

☑ 350 gram daging kambing, dipotong dadu

☑ 150 gram lemak kambing, dipotong dadu

☑ 2 sendok makan kecap manis

☑ 1 sendok makan minyak goreng

☑ 30 buah tusuk sate

☑ 1 sendok makan ketumbar bubuk

☑ 3 buah cabai merah keriting

☑ 3 buah cabai merah rawit

☑ 1/2 sendok teh garam



Selanjutnya >>> Bahan Sambal Kecap





Bahan Sambal Kecap (aduk rata)

☑ 5 sendok makan kecap manis

☑ 5 butir bawang merah, diiris halus

☑ 8 buah cabai rawit hijau, diiris



Tata pembuatan bumbu sate kambing



1. Anda dapat mencampurkan secara merata bumbu halus, kecap manis dan minyak goreng pada daging kambing maupun lemaknya. Jangan lupa remas secara merata dan diamkan 1 jam.

2. Anda dapat menusuk daging dan lemak secara bergantian pada tusuk sate

3. Lalu, bakar daging yang sudah ditusuk sate kemudian jangan lupa mengolesinya dengan sisa bumbu hingga matang

4. Sajikan sate secara bersama dengan memakai kecap dan bahan pelengkap.



Itulah resep dan cara membuat bumbu sate kambing dengan mudah dan anti alot alias empuk. Selamat mencoba![source]






Find Out
Related Post

Ikuti Gacerindo.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad