6 Keistimewaan Sholat Subuh Tepat Waktu

Daftar Isi: (toc)

Di kitab Sulamul Munajah dari Syaikh Nawawi Al Bantani Syarah disebutkan bahwa jumlah dua rakaat sholat subuh maknanya adalah panjatan rasa syukur atas kedua bibir yang terdapat dalam indera pengecap (mulut).

- Berat rasanya seseorang bangun pukul 04.00 WIB untuk menunaikan ibadah sholat subuh. Padahal tahu enggak, jika kamu tertib sholat subuh bisa terhindar dari berbagai penyakit loh.





Di kitab Sulamul Munajah dari Syaikh Nawawi Al Bantani Syarah disebutkan bahwa jumlah dua rakaat sholat subuh maknanya adalah panjatan rasa syukur atas kedua bibir yang terdapat dalam indera pengecap (mulut). Dengan keduanyalah, manusia bisa merasakan segala hal, yang bersifat halus maupun kasar.



Dilansir dari Okezone, Ustadz Fauzan Amin membeberkan enam keutaaman sholat subuh. berikut ulasannya.



1. Terbukanya jalan rezeki



Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib RA : selepas salat subuh Rasulullah ﷺ mendapati putrinya Fatimah tengah tertidur. Maka beliau membangunkannya dan mengatakan “Hai Fatimah bangun dan saksikanlah rizki Rabbmu, karena Allah membagi-bagikan rizki para hamba antara sholat subuh dan terbitnya matahari” (HR. Al Mundziri).



Allah Ta’ala berfirman,

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Artinya: “Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat fajar (subuh) itu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78)



2. Turunnya Nabi Isa AS ke bumi



Sebuah peristiwa besar di akhir zaman pun akan terjadi pada waktu subuh, yaitu turunnya Nabi Isa AS ke bumi.



3. Disaksikan para malaikat



Nabi Muhammad ﷺ bersabda,

وَتَجْتَمِعُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةُ النَّهَارِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ

Artinya: “Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” (HR. Bukhari no. 137 dan Muslim no.632)



4. Terhindar dari penyakit jantung



Dari sisi kesehatan, seseorang yang membiasakan bangun pagi untuk sholat subuh atau ibadah lain, seperti mengaji bisa terhindar dari penyakit jantung. Begitu juga stamina dan kebugaran tubuh terjaga sempurna.



5. Pahala sholat subuh lebih baik dari dunia dan seisinya



Begitu tinggi keutamaan sholat subuh sehingga Rasulullah ﷺ pun meninggikan sholat sunnah 2 rakaat sebelum sholat subuh atau dikenal dengan istilah sholat qobliah subuh. Rasulullah ﷺ bersabda “sungguh dua rakaat itu sebelum subuh lebih aku cintai daripada seluruh dunia” (HR. Muslim).



6. Diselamatkan dari api neraka



Nabi ﷺ bersabda,

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

Artinya: “Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan sholat sebelum terbitnya matahari (yaitu salat subuh) dan sholat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu salat ashar).” (HR. Muslim no. 634)





Rasulullah ﷺ bersabda,


مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّة

Artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan sholat bardain (yaitu sholat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635).[MOZ]

والله أعلمُ

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Find Out
Related Post

Ikuti Gacerindo.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad