Kisruh Celeng-Banteng di PDIP di Tengah Restu Megawati

Daftar Isi: (toc)

Gacerindo - Internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bergolak setelah sejumlah kader di Jawa Tengah mendeklarasikan Seknas Ganjar Indonesia (SGI).

- Internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bergolak setelah sejumlah kader di Jawa Tengah mendeklarasikan Seknas Ganjar Indonesia (SGI). Deklarasi tersebut ditujukan agar Gubernur Jateng Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.





Deklarasi tersebut dianggap mendahului arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Para kader PDIP yang terlibat deklarasi itu kemudian dianggap keluar dari barisan 'banteng'.



"Adagium di PDIP itu yang di luar barisan bukan banteng, itu namanya celeng. Jadi apapun alasan itu yang deklarasi, kalau di luar barisan ya celeng," ujar Ketua DPP PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Pacul.



Istilah 'Barisan Celeng' pun viral di media massa. SGI Kabupaten Purworejo membuat logo bertuliskan Barisan Celeng Berjuang, dengan gambar kepala celeng bertaring putih panjang.



Di tengah polemik itu, Ganjar Pranowo yang diusung maju dalam kontestasi pilpres 2024, buka suara. Ganjar menegaskan dirinya selaku kader PDIP akan tetap setia dengan partai banteng bermoncong putih.



"Sori ya, kita banteng, bro, sekali banteng tetap banteng!" tegas Ganjar di Grobogan, Rabu (13/10).



Buntut dari polemik itu, Ketua DPC SGI Purworejo, yang juga kader PDIP, Albertus Sumbogo dipanggil untuk menghadap DPP PDIP di Jakarta pada Jumat (15/10).



Ketua DPP PDIP bidang kehormatan, Komarudin Watubun mengatakan alasan pemanggilan tersebut merupakan mekanisme internal partai karena mandat untuk memutuskan pasangan capres-cawapres 2024 berada di tangan Megawati.



"Itu dilakukan sebagai bagian dari mekanisme internal partai. Sebab hasil Kongres Partai mengamanatkan soal calon presiden-cawapres diputuskan sepenuhnya oleh Megawati," katanya kepada wartawan, Jumat (15/10).



Komarudin menyampaikan, Albertus dipanggil untuk memberikan klarifikasi tentang langkah sejumlah pengurus PDIP Jateng yang mendukung Ganjar Pranowo.



Menurutnya, kader PDIP sejak awal sudah diinstruksikan untuk tidak terlibat dalam deklarasi kelompok relawan capres-cawapres sebelum ada keputusan resmi Megawati.





"Ketentuan ini berlaku untuk seluruh kader partai. DPP PDIP dalam rangka menegakkan disiplin Partai akan memanggil anggota dan kader Partai yang melakukan deklarasi capres dan cawapres sebelum pengumuman resmi Partai," ujarnya.[Source]
Find Out
Related Post

Ikuti Gacerindo.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad