Posisi Tidur yang Benar untuk Menghindari Sakit Punggung

Daftar Isi: (toc)

Gacerindo - Pasti menjengkelkan untuk bangun segera disambut dengan sakit punggung yang semakin parah. Tadinya mau tidur biar badan gak capek dan bugar, tapi sayang sakit pinggang gak kunjung hilang.

- Pasti menjengkelkan untuk bangun segera disambut dengan sakit punggung yang semakin parah. Tadinya mau tidur biar badan gak capek dan bugar, tapi sayang sakit pinggang gak kunjung hilang.








Tenang, mungkin gaya atau posisi tidur Anda yang salah, yang akan membuat punggung Anda semakin sakit. Penelitian menyebutkan bahwa sekitar 84 persen orang dewasa akan mengalami hal ini. Solusinya? Posisi tidur yang benar.



Orang menghabiskan hampir sepertiga hidup mereka untuk tidur. Gunakan ini untuk membantu tubuh mendapatkan kembali "kejayaannya". Posisi tidur dapat berdampak besar pada kenyamanan dan kesehatan tulang belakang Anda.



Mengutip Bright Side, berikut empat posisi tidur yang direkomendasikan untuk mengurangi risiko nyeri punggung bawah:



1. Fetal position



Posisi ini dikenal sebagai posisi tidur bayi. Posisi tidur ini merupakan posisi tidur yang paling populer.



Berbaring miring dengan lutut ditekuk ke arah dada. Posisi ini mirip dengan posisi peluk bayi saat masih dalam kandungan.



Posisi ini memungkinkan persendian untuk beristirahat dan menciptakan banyak ruang. Posisi ini juga memungkinkan punggung untuk melepaskan cakram intervertebralis (bantalan spons) di antara tulang belakang. Posisi ini juga dikatakan sangat baik untuk orang dengan herniated disc seperti Hyejin di kampung halaman Cha Cha Cha.



2. Berbaring tengkurap dengan bantal di bawah perut



Banyak orang berpikir bahwa tidur tengkurap atau tengkurap adalah posisi yang buruk karena dapat menyebabkan sakit leher. Namun bagi Anda yang mengalami sakit punggung, Anda bisa mencoba posisi ini.



Posisi ini membantu meringankan tekanan pada cakram tulang belakang. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu berbaring tengkurap lalu meletakkan bantal di perut bagian bawah dan panggul.



3. Posisi terlentang dengan bantal



Posisi ini merupakan posisi terbaik untuk mengurangi titik-titik tekanan pada punggung. Posisi ini memungkinkan Anda untuk mendistribusikan berat badan secara merata ke seluruh tubuh dan meningkatkan keselarasan tulang belakang dan organ dalam.



Tidur telentang dengan bantal di bawah lutut. Jika Anda ingin lebih nyaman, letakkan gulungan kecil handuk di bawah punggung Anda.



4. Posisi tidur miring ke samping



Jika Anda tidur miring, pastikan untuk bergantian tidur dari kiri ke kanan sehingga Anda tidak terlalu menekan satu sisi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot.










Untuk menambah kenyamanan, letakkan bantal di antara kaki Anda dan "kempit" seperti gulungan. Ini untuk menjaga tulang belakang, pinggul, dan panggul Anda sejajar.[Source]
Find Out
Related Post

Ikuti Gacerindo.com pada Aplikasi GOOGLE NEWS : FOLLOW (Dapatkan Berita Terupdate tentang Dunia Pendidikan dan Hiburan). Klik tanda  (bintang) pada aplikasi GOOGLE NEWS.

Top Post Ad

Below Post Ad